Lulusan Lembaga Kursus Bisa Mencuri Start Bekerja Lebih Dulu

Lulusan Lembaga Kursus Bisa Mencuri Start Bekerja Lebih Dulu

Lulusan Lembaga kursus tidak perlu minder dengan mereka yang lulusan perguruan tinggi. Sebaliknya, lulusan Lembaga kursus harus merasa beruntung karena bisa mencuri start dengan bekerja lebih dulu. “Sekarang dihitung saja, lulusan Lembaga kursus, setahun bisa langsung kerja, sedangkan yang dari perguruan tinggi, masih semester 2. Ketika kalian sudah bekerja setahun, yang anak kuliahan masih sibuk ngerjain tugas dosen,” kata Kepala Cabang Bank Muamalat Pangkalan Bun Rio Kriswana S. AP saat menjadi instruktur tamu di LPK Prisma, Selasa, 17 November 2020.
Di hadapan peserta didik jurusan Administrasi Perkantoran, ia tidak memungkiri betapa pentingnya pendidikan formal. “Pengalaman kerja juga tidak kalah penting. Kalau saya disuruh milih pelamar dengan usia yang sama, satunya lulusan perguruan tinggi fresh graduate, satunya lagi lulusan Lembaga kursus punya pengalaman kerja 2 tahun dan dia ternyata juga mahasiswa semester 4, tentunya saya lebih memilih yang lebih berpengalaman,” kata pria yang sudah malang melintang di dunia perbankan ini.
Untuk itu, ia berpesan kepada peserta didik LPK Prisma untuk tetap melanjutkan pendidikan formal hingga pendidikan tinggi atau meraih gelar sarjana, meskipun sudah mendapatkan pekerjaan. Rio yang pernah menjabat sebagai kepala cabang bank BTPN juga menceritakan tentang pegawainya yang merintis karier dari bawah. Mulai dari office boy, kemudian pegawai tersebut sambil bekerja melanjutkan pendidikan hingga meraih gelar sarjana, dan ketika itu ada rekruitment. “Akhirnya bisa diangkat menjadi pegawai. Jadi jangan pernah berkecil hati ketika lainnya kuliah kalian kursus,” pesannya.
Peserta didik yang mendengarkan cerita tersebut merasa termotivasi dan berharap suatu saat bisa bekerja di perbankan. Ruang kelas pun sesekali riuh dengan tawa canda peserta didik saat bersama Pak Rio hingga tak terasa satu setengah jam telah berlalu.
Kedatangan Kepala Cabang Bank Muammalat Pangkalan Bun ini merupakan program rutin LPK Prisma untuk mendatangkan instruktur tamu dari industri dan dunia usaha guna memotivasi peserta didik. LPK Prisma merupakan lembaga kursus program profesi 1 tahun dengan 4 pilihan jurusan, yaitu administrasi perkantoran, administrasi keuangan dan perpajakan, teknik informatika, dan digital bisnis. Pada tahun ini, sekitar 70 persen lulusan LPK Prisma telah bekerja sebelum wisuda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *