Pentingnya Sertifikasi di Dunia Industri

“Sertifikasi”, tentunya kata sertifikasi sudah sering terdengar. Namun apakah semua sudah memahami apa itu sertifikasi. Mungkin baru sebagian yang paham mengenai sertifikasi.

Sertifikasi sendiri mempunyai 2 jenis yang umum dikenal masyarakat antara lain Sertifikasi Akademik yaitu seperti pemberian gelar Sarjana, Master dll. Dan yang kedua Sertifikasi Profesi, yaitu pemberian sertifikasi yang didasarkan pada keahlian tertentu untuk profesi tertentu.

Namun, untuk sertifikasi akademik ini ternyata sulit memiliki implementasi langsung dalam industri ICT. Mengapa? Karena kecepatan perubahan serta standarisasi antara Universitas.

Disamping itu memang tujuan universitas berbeda dengan tujuan industri. Dimana universitas bertujuan memberikan pengetahuan dasar bukannya keahlian khusus atau kompetensi untuk profesi tertentu yang dibutuhkan oleh industri.

Sedangkan untuk Sertifikasi profesi bertujuan memastikan kompetensi seseorang yang telah didapatkan melalui pembelajaran, pelatihan, maupun pengalaman kerja. Sertifikasi biasanya diberikan oleh organisasi atau asosiasi profesi yang mengetaui dengan pasti suatu kompetensi professional dalam bidang tertentu.

Lalu, apa manfaat sertifikasi itu?

Dengan memiliki sertifikasi maka akan memberikan nilai tambah bagi seseorang di hadapan perusahaan atau klien. Sertifikasi menunjukkan bahwa kompetensi yang dimiliki telah dievaluasi dan disetujuai oleh pihak ketiga.

Bahkan dalam beberapa bidang profesi, sertifikasi sering kali dijadikan persyaratan untuk suatu pekerjaan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.