kunjungan pkk - LPK Prisma Pangkalan Bun

Peserta PKK 2021 LPK Prisma Kunjungi BMT Bina Muslim Mandiri

Peserta Program Kecakapan Kerja (PKK) tahun 2021 LPK Prisma Pangkalan Bun kunjungi Bina Muslim Mandiri (BMM) Pangkalan Bun pada Rabu, 1 September 2021. Kunjungan industri dan dunia kerja (iduka) tersebut merupakan rangkaian dari proses pembelajaran yang berlangsung selama tiga bulan. Selama tiga bulan, para peserta PKK belajar tentang Komputer Akuntansi.

Pada ujung proses pembelajaran, para peserta didik mengunjungi koperasi Bina Muslim Mandiri yang ada di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat. Kunjungan tersebut bertujuan agar para peserta didik mendapatkan gambaran tentang dunia kerja beserta kemampuan atau skill yang harus dikuasai. Lantaran kunjungan dilakukan saat pandemi covid-19, maka peserta didik dibagi menjadi dua sesi untuk menghindari kerumunan dan mengurangi resiko.

Kepala BMM Pangkalan Bun Basuki Rahman menyambut peserta didik PKK LPK Prisma di ruangannya. Pimpinan koperasi yang berdiri sejak 2006 tersebut, bercerita tentang awal kariernya membangun sebuah koperasi syariah. “Jangan dikira saya langsung menjadi pimpinan, saya membangun dari nol, modal saja patungan dan itu pun dicicil,” kata Basuki Rahman di hadapan para peserta didik. Pria yang lulusan pondok pesantren Gontor tersebut juga memberikan motivasi kepada peserta didik agar terus belajar dan membaca.

Menurutnya, membaca tidak harus berpatokan pada sumber buku, melainkan membaca situasi, membaca peluang, membaca perubahan dan membaca permasalahan yang terjadi di sekitar kita. “Tidak ada yang tidak bisa kalau kita berusaha. Saya belajar komputer itu tidak seperti kalian, saya otodidak. Modal saya membaca. Di komputer itu kan ada keterangannya, insert, edit, dan sebagainya,” paparnya.

Para peserta didik merasa termotivasi dengan penjelasan pimpinan BMM Pangkalan Bun. Mereka juga mendapatkan gambaran tentang marketing yang selama ini sering dihindari oleh para pencari kerja. Marketing saat ini bukan hal yang menyeramkan, karena sekarang sudah ada aplikasi khusus dan jam kerja yang fleksible.

Setelah sesi kunjungan industri tersebut, para peserta didik membuat laporan dan mempresentasikan hasil kunjungan masing-masing kelompok. Tujuannya, untuk melatih percaya diri dan komunikasi para peserta didik.
Program PKK LPK Prisma akan ditutup dengan uji kompetensi nasional akuntansi yang dijadwalkan pada Kamis, 9 September 2021. Adanya uji kompetensi tersebut bisa menjadi tolok ukur seberapa paham para peserta didik menyerap materi yang disampaikan.

LPK Prisma merupakan lembaga pendidikan program profesi satu tahun yang berada di Jalan Ahmad Wongso Pangkalan Bun. Adapun program di LPK Prisma yaitu Administrasi Perkantoran, Administrasi Keuangan dan Perpajakan, Teknik Informatika, Digital Bisnis, Teknik Komputer dan Handphone, serta Teknik Otomotif Sepeda Motor. Untuk informasi layanan program bisa menghubungi 0821-5444-4485.

Berbagi ♥

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *