LPK Prisma Ikuti Sosialisasi Pilkada

LPK Prisma Ikuti Sosialisasi Pilkada

LPK Prisma Pangkalan Bun ikuti sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Kamis, 8 Oktober 2020.

Sosialisasi via daring yang diadakan oleh KPU Kotawaringin Barat itu berlangsung mulai pukul 10.00 WIB. Ada sekitar 30 peserta didik LPK Prisma turut aktif dalam sosialisasi menyambut pesta demokrasi yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

Pada sosialisasi itu, Mahdi Rahman, Anggota Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Kotawaringin Barat menjelaskan tentang tahapan pilkada. Para peserta sosialisasi juga diajak berpartisipasi aktif dalam pengecekan data pemilih. Jangan sampai hak pilihnya tidak bisa digunakan lantaran belum terdaftar atau tidak mengetahui bagaimana cara mendaftarkan diri sebagai pemilih. “Bagi yang belum terdaftar bisa cek di kantor desa. Biasanya data pemilih ditempel di kantor desa. Atau bisa dicek di web dengan mencantumkan NIK,” jelas Mahdi.

Bagi yang namanya belum tercantum, bisa mendaftarkan diri sebagai pemilih dengan membawa KTP dan KK. Selain mengecek data pemilih, Mahdi juga meminta para mahasiswa terlibat atau berpartisipasi aktif menjadi anggota KPPS dengan masa kerja 1 bulan. “Silakan mendaftarkan diri untuk menjadi anggota KPPS,” lanjutnya.

Pilkada Kalimantan Tengah tetap berlangsung di tengah pandemi covid-19. Tentunya, dengan tetap mentaati protokol kesehatan. Yaitu, menggunkan masker, rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, jaga jarak dan mengecek suhu badan secara berkala.

Untuk kampanye pun, dilakukan pembatasan, yakni hanya dihadiri maksimal 50 orang. Masa kampanye akan berlangsung 22 November 2020 hingga 5 Desember 2020.
Tidak hanya kampanye, pada hari H pencoblosan pun, menggunakan protokol kesehatan ketat. Untuk menghindari kerumunan, maka kedatangan pemilih pun dijadwalkan.

“KPU juga tetap mengakomodasi pasien covid-19. Jadi mereka tidak akan kehilangan hak pilihnya. Tentunya dengan menjalankan protokol kesehatan yang sangat ketat,” terang Mahdi.

Sementara itu, Ketua KPU Kobar Chaidir mengharapkan, peserta sosialisasi tersebut menyosialisasikan kembali informasi yang sudah didapatnya kepada teman-teman, saudara, dan keluarganya.

Pilkada Kalteng 2020 diikuti oleh dua pasang kandidat, yaitu pasangan no 1 Ben Brahim – Ujang Iskandar, dan no 2 Sugianto Sabran – Edy Pratowo.
Sosialisasi yang berlangsung hampir 2 jam itu ditutup dengan sesi tanya jawab. Para peserta aktif bertanya seputar pelaksanaan pilkada. Panitia sosialisasi pun melemparkan pertanyaan kepada peserta. Peserta yang beruntung akan mendapatkan doorprize.

LPK Prisma #KPU Kobar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *